Ichal Tema
  • Desa GUDANG TENGAH
  • Jl. Martapura Lama Km. 15 Desa Gudang Tengah RT. 01 Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar
  • desagudangtengah.st@gmail.com

KEGIATAN KELAS BALITA UPAYA DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI DESA GUDANG TENGAH

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang berulang, infeksi berulang, dan pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK. Anak tergolong stunting apabila lebih pendek dari standar umur anak sebayanya. Standar panjang atau tinggi badan anak dapat dilihat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan.Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Hal ini berisiko menurunkan produktivitas anak di masa depan. Stunting juga menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit. Anak stunting berisiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya. Bahkan, stunting dan malnutrisi diperkirakan berkontribusi pada berkurangnya 2-3% Produk Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya.

Maka dari itu di Desa Gudang Tengah mengadakan kegiatan Kelas Balita upaya dalam pencegahan stunting yang bertempat di Aula Serbaguna Desa Gudang Tengah RT. 01 Kecamatan Sunga Tabuk Kabupaten Banjar, yang mana di hadiri oleh Pambakal Desa Gudang Tengah, Aparat Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa Gudang Tengah, Ketua PKK, Bidan Desa & Kader posyandu & Puskesmas I Sungai Tabuk Sebagai Pemateri. Dalam Materi beliau mengatakan pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Dini.

Adapun upaya dalam pencegahan Stunting untuk para Balita, Pambakal Desa Gudang Tengah memberikan Vitamin Sirup Mulavit dan Biskuit Milna agar mencukupi gizi pada balita agar terhindar dari penyakit stunting tersebut. Dan segala kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023

- Gudang Tengah, 23 Juni 2023