Ichal Tema
  • Desa GUDANG TENGAH
  • Jl. Martapura Lama Km. 15 Desa Gudang Tengah RT. 01 Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar
  • desagudangtengah.st@gmail.com

KEGIATAN POSYANDU DESA GUDANG TENGAH & MANFAATNYA BAGI ANAK

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Desa Gudang Tengah dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan, yang mana selalu di bantu oleh tenaga ahli  Puskesmas Sungai Tabuk 1. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat desa yang mana dibagi menjadi dua titik yaitu di Aula Serbaguna dan Poskesdes Desa Gudang Tengah.

Salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Adapaun semua bentuk kegiatan posyandu bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023.