Ichal Tema
  • Desa GUDANG TENGAH
  • Jl. Martapura Lama Km. 15 Desa Gudang Tengah RT. 01 Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar
  • desagudangtengah.st@gmail.com

KEGIATAN POSYANDU BALITA BULAN FEB DI DESA GUDANG TENGAH KEC. SUNGAI TABUK TA 2023

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kader-kader Posyandu balita Desa Gudang Tengah melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Sungai Tabuk. Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu;

Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Desa Gudang Tengah.

Adapun kegiatan Posyandu mempunyai kader sebanyak 10 orang yang mana terbagi dengan dua kelompok yaitu :

1. Kelompok Mawar bertempat di Aula Desa Gudang Tengah RT. 01

2. Kelompok Melati bertempat di Poskesdes Desa Gudang Tengah RT. 04