Ichal Tema
  • Desa GUDANG TENGAH
  • Jl. Martapura Lama Km. 15 Desa Gudang Tengah RT. 01 Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar
  • desagudangtengah.st@gmail.com

UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI DESA GUDANG TENGAH

Jum'at, 24 September 2021 - Stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki postur tubuh pendek, jauh dari rata-rata anak lain di usia sepantaran.

Stunting mulai terjadi ketika janin masih dalam kandungan, disebabkan oleh asupan makanan ibu selama kehamilan yang kurang bergizi. Akibatnya, gizi yang didapat anak dalam kandungan tidak mencukupi. Kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan bayi dan bisa terus berlanjut setelah kelahiran.

Di samping itu, stunting bisa terjadi akibat asupan gizi saat anak masih di bawah usia 2 tahun tidak tercukupi. Entah itu karena tidak diberikan ASI eksklusif atau MPASI (makanan pendamping ASI) yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas, termasuk zink, zat besi, serta protein.

Seperti halnya di Desa Gudang Tengah ada salah satu Balita yang mana terindikasi terdampak penyakit stunting, melihat kondisi seperti ini Bidan Desa ( HJ. ERNAWATI, Amd. Kep ) pun melaporkan kepada Pambakal Desa Gudang Tengah ( H. M. SAPWAN, S. Pd. I ) atas kondisi tersebut. Pambakal pun langsung merespon dengan cepat memerintahkan kepada Bidan Desa agar bisa memberikan perhatian khusus kepada anak tersebut. 

Dan alhamdulillah selama diberikan perhatian khusus selama hampir 2 bulan oleh Bidan Desa dengan diberikannya asupan gizi yang cukup, berat badan balita tersebut kembali normal yang mana dulu berat badannya hanya kurang lebih 3 Kg dan sekarang sudah melebihi 5 Kg. Pambakal pun berterimakasih kepada Bidan Desa sudah membantu dalam upaya pencegahan stunting di Desa Gudang Tengah. Adapun sumber dana yang dipakai dalam upaya pencegahan Stuntuing ini berasal dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021.